Surya Panel, Solusi Cerdas Hemat Listrik yang Layak Dipertimbangkan

Ad

Surya Panel, Solusi Cerdas Hemat Listrik – Surya panel merupakan alat yang bekerja untuk menyerap tenaga matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah anda. Panel surya umumnya bisa dipasang di rumah , sekolah, gedung, dan tempat-tempat lainya. Panel surya ini bisa dibilang sebagai solusi tepat untuk menghemat pengeluaran biaya bulanan yang dialokasikan untuk membayar tagihan listrik.

Perlu diketahui, surya panel bisa juga disebut sebagai alat pembangkit listrik modern karena dibuat sangat ramah terhadap lingkungan, alat ini tidak menghasilkan limbah atau zat-zat lainya yang bisa merusak lingkungan. Pemasangan surya panel sudah banyak di lakukan di gedung-gedung komersial, karena dianggap mampu mengurangi pengeluaran juga memiliki banyak keuntungan misalnya tidak menggunakan solar atau bahan bakar lainya untuk menghasilkan listrik. Surya Panel, Solusi Cerdas Hemat Listrik.

Surya panel ini didesain dengan sangat sederhana sehingga tidak akan mengakibatkan konslet listrik atau keadaan lainya yang bisa membahayakan rumah kita dari kejadian konslet listrik seperti kebakaran yang tentunnya bisa menghambat kegiatan anda dan warga sekitar. Surya Panel, Solusi Cerdas Hemat Listrik.

Cara Kerja Surya Panel

Cara kerja dari surya panel juga dikenal sangat sederhana yaitu dengan mengkonversikan energi matahari menjadi energi listrik selain itu hanya membutuhkan penyinaran cahaya matahari pada alat yang berfungsi menyerap energi matahari di surya panel tersebut. Kemudian surya panel yang disinari cahaya matahari akan menghasilkan photon yang akan menjadi arus listrik.

1 buah panel surya biasanya akan menghasilkan sedikitnya 0.5 volt tegangan dengan ketentuan, penghitungan kerja aktif panel surya adalah 5 jam di setiap harinya yaitu pada waktu pagi dan waktu sore hari dan tenaga matahari yang sudah diserap akan disimpan di dalam baterai, kemudian menjadi arus listrik. Listrik yang telah tersimpan di dalam baterai bisa anda gunakan pada waktu malam hari.

Pemakaian surya panel membutuhkan perencenaan kebutuhan listrik dengan tujuan agar daya listrik yang tersimpan di dalam baterai cukup dan memenuhi kebutuhan akan listrik di rumah anda. Jumlah surya panel yang anda pasang di rumah dan jumlah baterai sangat mempengauhi jumlah aliran listrik yang dihasilkan, agar kebutuhan listrik tetap terpenuhi bagaimana seharusnya baik di waktu malam maupun waktu siang hari hendaknya anda membuat perancaan pemakaian terlebih dahulu.

Meskipun kelebihanya cukup bermanfaat sebenarnya panel surya ini juga memiliki Kekurangan yaitu pemasanganya membutuhkan instalasi kabel baru untuk lampu LED dan biaya pengadaan untuk lampunya sangat mahal. Meskipun begitu hal tersebut tidak akan menutupi keuntungan yang akan anda peroleh kedepanya setelah memasang alat tersebut.

 

Kelebihan Surya Panel

 Adapun rincian kelebihan yang anda dapatkan apabila memasang surya panel di rumah, yaitu:

  • Energi yang didapatkan gratis karena langsung di dapat dari cahaya matahari
  • Produksi energi tidak menghasilkan limbah karena tidak membutuhkan bahan bakar seperti bensin, solar, batu bara dan lainya
  • Mengurangi ketergantungan listrik kepada PLN, apalagi tarif dasar listrik yang terus naik di setiap tahunya
  • Insentif pemerintah

 

Kekurangan Penggunaan Surya Panel

 Adapun kekurangan dari pemasangan surya panel yang harus anda tanggung dari pemasangan surya panel, yaitu:

  • Sumber tenaga yang di proses tidak konsisten, karena matahari tidak ada dalam 24 jam sehari apalagi ketika musim hujan
  • Biaya pemasanganya sangat tinggi
  • Biaya perawatanya juga tidak kalah tinggi, harus sering di bersihkan dari debu agar tidak mengganggu kinerja panel surya tersebut, terlebih lagi apabila musim hujam akan rawan tersambar petir dan mengalami kerusakan.

Nah, itulah diatas penjelasan singkat mengenai surya panel, solusi hemat listrik yang layak dipertimbangkan.

Add Comment