Teknologi Hasil Pertanian: Ekstraksi

Ekstraksi merupakan proses pemisahan campuran dari suatu bahan untuk memperoleh bahan yang diinginkan. Pendapat lain menyebutkan bahwa ekstraksi merupakan proses pemisahan suatu zat berdasarkan pada perbedaan kelarutannya terhadap dua cairan tidak saling larut yang berbeda antara air dan pelarut organik.

Produk hasil ekstraksi dapat dijumpai seperti pada industri kopi, teh, gula, dan minyak kelapa. Macam-macam ekstraksi ada dua yaitu ekstraksi solven (cair) dan leaching.

Sumber : http://www.ld-didactic.de

Teknologi Hasil Pertanian: Ekstraksi

Beberapa macam metode ekstraksi yaitu sebagai berikut:

a. Maserasi merupakan proses penyarian yang sederhana dengan cara merendam sampel dalam pelarut yang sesuai selama 3–5 hari.

b. Sokletasi merupakan metode penyarian secara berulang-ulang pada senyawa bahan dari alam dimana pelarut dan sampel ditempatkan secara terpisah dengan menggunakan alat soxhlet.

c. Perkolasi merupakan teknik penyarian dengan pelarut organik yang sesuai dan dilakukan secara lambat dengan menggunakan alat perkolator.

d. Digestasi merupakan proses penyarian yang sama seperti maserasi dengan menggunakan pemanasan dengan suhu antara 30–40 oC seperti pada produk simplisia.

e. Infusa merupakan sediaan cair yang dibuat dengan mengambil sari dari simplisia nabati dengan air pada suhu 90 oC selama 15 menit.

f. Dekokta merupakan proses penyarian dengan metode yang hampir sama dengan infusa, yang membedakan adalah lama waktu pemanasan. Pada proses dekokta membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu selama 30 menit dengan menghitung mulai suhu mencapai 90 oC. Metode ini jarang dilakukan karena proses penyarian kurang sempurna.

g. Fraksinasi merupakan teknik pemisahan kandungan kimia ekstrak berdasarkan kepolaran senyawa. Hal tersebut dengan menggunakan dua pelarut yang tidak tercampur dan memiliki tingkat kepolaran yang berbeda.

Proses destilasi fraksinasi.
Sumber: http://3.bp.blogspot.com

Metode ekstraksi padat-cair dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

a. Metode pemisahan dan penyaringan

b. Metode penyaringan dan penguapan

c. Metode penggilingan dan pengepresan

d. Metode pengepresan

Tinggalkan Balasan