8 AMAZING Contoh Alat Teknologi Tepat Guna di Bidang Kesehatan

Ad

Teknologi Tepat Guna di Bidang Kesehatan – Secara teori, teknologi tepat guna adalah peralatan yang diciptakan agar bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat banyak. Teknologi tepat guna memang identik dengan teknologi yang digunakan sesuai kebutuhannya atau tepat guna.

Ada beberapa individu juga yang mengatakan bahwa teknologi tepat guna ialah teknologi yang pengembangannya dilakukan secara tradiosional sesuai dengan lingkungan sekitar.

teknologi-tepat-guna-di-bidang-kesehatan
Teknologi Tepat Guna di Bidang Kesehatan

Video: Contoh-Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Untuk memudahkan anda memahami tentang teknologi tepat guna, berikut kami sajikan di channel youtube kami video contoh alat teknologi tepat guna sederhana jangan lupa kunjungi youtube channel kami dengan meng-klik link ini.

Ad

Dukung youtube channel kami agar terus berkembang dan menyajikan konten tentang teknologi tepat guna lainnya dengan meng-klik tombol SUBSCRIBE dan semoga dengan adanya konten-konten teknologi tepat guna (TTG) yang kami sajikan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat akan pentingnya TTG untuk meningkatkan produktifitas dan memajukan perekonomian masyarakat, ENJOOOYY!!..

Contoh Teknologi Tepat Guna Di Bidang Kesehatan

Teknologi Tepat Guna di Bidang Kesehatan – Perkembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) memang telah berkembang di seluruh bidang kehidupan termasuk di bidang kesehatan. Banyak sekali TTG yang sudah dikembangkan dan dipakai di bidang kesehatan. Apa saja TTG tersebut ? Nah, berikut beberapa diantaranya:

Baca juga: Contoh Beragam Teknologi Tepat Guna di Bidang Pendidikan

Teknologi Tepat Guna di Bidang Kesehatan – Kebidanan

Ada banyak sekali ttg yang digunakan di bidang kebidanan, antara lain :

 1. Breast Pump

Bagi Anda yang merupakan wanita karir namun memiliki buah hati yang masih bayi, maka pastikan agar balita tetap mendapat asupan ASI secara teratur. Dengan breast pump maka Anda bisa memastikan bahwa bayi Anda tetap mengkonsumsi ASI.

 2. Fetal Doppler

Jika Anda sedang hamil, maka Anda disarankan untuk memiliki alat ini. Selain murah, penggunaannya pun cukup mudah. Alat ini merupakan alat yang sering dipergunakan untuk mendeteksi detak jantung janin di rahim sehingga Anda bisa selalu memantau kesehatan janin Anda.

3. Staturmeter

Alat ini sebenarnya merupakan pengukur tinggi badan. Harganya cukup murah dan semua orang pasti bisa menggunakannya. Alat ini bisa Anda pakai di rumah untuk mengukur perkembangan tinggi badan anak – anak.

Ad

4. Caliper

Alat ini juga merupakan alat ukur, namun dikhususkan untuk bayi. Jika staturmeter yang merupakan alat ukur juga, harus digunakan dalam posisi berdiri dan bisa digunakan semua umur.

Caliper atau yang lebih dikenal dengan pengukur panjang ini digunakan untuk mengukur panjang bayi setiap waktunya namun lebih detail sehingga pertumbuhan buah hati bisa dipantau.

5. Reflek Hammer Atau Reflek Patela

Alat ini merupakan alat pemukul yang agak mirip dengan palu, namun bagian luarnya dilapisi oleh bahan karet. Hammer ini digunakan untuk mengetahui respon syaraf dari anggota tubuh yang sakit, umumnya digunakan pada kaki yang sakit atau mengalami kecelakaan.

6. Umbilical Cord Clem Nylon

Alat ini sejenis penjepit yang sering digunakan pada bayi untuk menjepit tali pusar ketika bayi baru saja lahir.

Teknologi Tepat Gunad di Bidang Kesehatan – Lingkungan

Untuk bidang kesehatan lingkungan, ada banyak sekali teknologi tepat guna yang ada, diantaranya adalah :

1. IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)

Agar air limbah yang dibuang ke badan air tidak membahayakan lingkungan maka limbah perlu diolah dengan teknologi IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah).

Untuk membuat IPAL sederhana Anda bisa memanfaatkan ganggang atau alga serta bakteri pengurai. Untuk membuatnya, Anda tinggal membuat kolam yang sesuai dengan kapasitas limbah di lokasi yang terkena banyak sinar matahari.

Ad

Setelah itu limbah hanya perlu dialirkan ke kolam tersebut. Berikan tanaman alga di kolam tersebut. Jika pH dan suhu kolam sesuai, maka bakteri pengurai akan segera berkembang untuk mengolah limbah.

2. Filter Air

Bagi Anda yang tinggal di tepi sungai tentunya Anda menggunakan air sungai untuk konsumsi. Namun saat ini hampir sebagian besar sungai di Indonesia sudah keruh.

Agar bisa dikonsumsi lagi untuk memasak, mencuci, dan sebagainya tentunya air harus difilter terlebih dahulu agar tidak membahayakan kesehatan tubuh.

Ad

Caranya pun cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan drum yang besar lalu memasukkan batu gravel, pasir silica, pasir zeolit, karbon aktif, dan lapisan paling atas ialah pasir silica lagi. Lalu tuangkan air ke drum tersebut untuk difilter.

Nah, itulah diatas beragam teknologi tepat guna dibidang kesehatan, yang tentunya banyak manfaatnya bagi kehidupan masyarakat. Semoga menginspirasi.

Add Comment