Teknologi Tepat Guna Di Bidang Konstruksi Jalan Raya

Apakah Anda suka memerhatikan cara kerja alat berat konstruksi saat melewati sebuah proyek? Jika Anda tinggal di perkotaan, mungkin Anda sering melihat proyek perbaikan atau pembangunan jalan. Saat melewati proyek tersebut, Anda bisa melihat bagaimana cara kerja alat-alat berat yang menggali tanah, meratakan tanah, mengangkut material, dan lain-lain. Terlebih lagi, pekerjaan jalan merupakan pekerjaan yang menggunakan alat berat cukup lengkap. Jadi, tak heran kalau Anda akan melihat berbagai macam jenis alat berat dalam proyek pembangunan jalan.

Nah, ingin mengenal lebih lanjut tentang alat berat apa saja yang digunakan untuk membangun jalan? Ini dia jenis-jenisnya!

Teknologi Tepat Guna Di Bidang Konstruksi Jalan Raya

1. Bulldozer

Teknologi Tepat Guna Di Bidang Konstruksi Jalan Raya

Alat berat yang akan pertama kita bahas adalahbulldozer. Bulldozer merupakan alat berat yang digunakan untuk membersihkan lahan. Bulldozer dapat memotong dan mengupas sekaligus mendorong lapisan permukaan untuk membersihkan lahan pekerjaan. Mulai dari kayu-kayu, puing-puing bekas bangunan, hingga pepohonan bisa disingkirkan dengan bulldozer.

2. Motor grader

Teknologi Tepat Guna Di Bidang Konstruksi Jalan Raya

Alat berat ini digunakan untuk melakukan pengupasan tanah, pembentukan lapisan pondasi, dan penghamparan tanah timbunan maupun agregat seperti pasir, debu, batu, atau kerikil. Motor grader memliki scarifier, yakni bagian berbentuk kuku penggaruk yang berfungsi untuk mengupas permukaan yang agak keras. Misalnya seperti pembongkaran lapis aspal atau yang disebut patching.

3. Vibratory roller

Teknologi Tepat Guna Di Bidang Konstruksi Jalan Raya

Sesuai dengan namanya, vibratory roller merupakan alat pemadat tanah yang disertai getaran. Getaran tersebut dihasilkan dari mesin dan menghasilkan tekanan secara vertikal ke tanah untuk membuatnya menajadi padat. Karena itu, vibratory roller ini kerap digunakan untuk memadatkan tanah dasar, lapisan timbunan tanah, memadatkan pondasi agregat, dan bahu jalan.

4. Asphalt finisher

Teknologi Tepat Guna Di Bidang Konstruksi Jalan Raya

Selanjutnya adalah asphalt finisher. Alat berat ini berfungsi untuk menghamparkan aspal olahan dari mesin pengoah aspal dan meratakan aspal pada jalanan yang dibangun. Uniknya, asphalt finisher ini memiliki roda seperti kaki kelabang yang bernama crawler track.

5. Tandem roller

Teknologi Tepat Guna Di Bidang Konstruksi Jalan Raya

Setelah itu, hamparan aspal diratakan oleh alat berat yang bernama tandem roller. Alat berat ini memiliki roda yang tampak seperti drum. Setelah aspal padat dan rata, biasanya digunakan pneumatic tyre rollers untuk proses pemadatan akhir lapisan aspal. Pneumatic tyre rollers ini mirip seperti tandem roller hanya saja rodanya terbuat dari karet.

6. Pneumatic Tyre Rollers

Teknologi Tepat Guna Di Bidang Konstruksi Jalan Raya

Alat ini biasa juga disebut dengan Universal Compactor, roda-roda penggilasnya terdiri dari ban karet yang dipompa (pneumatic). Penggilas dengan ban ini memiliki ciri khusus dengan adanya kneading effect, dimana air dan udara dapat ditekan keluar (pada tepi-tepi ban) yang segera akan menguap pada keadaan udara yang kering, kneading effect ini sangat membantu dalam usaha pemampatan bahan-bahan yang banyak mengandung lempung atau tanah liat.Oleh karena itu area pekerjaan perlu dibersihkan dari benda-benda tajam yang dapat merusak roda. Susunan dari roda depan dan roda belakang selang-seling sehingga bagian yang tidak tergilas oleh roda bagian depan maka akan digilas oleh roda bagian belakangnya. 

Fungsi Pneumatic Tire Roller:

Pada pekerjaan penimbunan lahan biasanya setelah dilakukan penimbunan maka pada lahan tersebut dilakukan pemadatan. Hal ini dilakukan untuk memadatkan permukaan yang rata dan padat. Penggunan alat ini umumnya untuk mendapatkan permukaan yang halus. Alat berat ini digunakan pada penggilasan bahan yang bergranular, baik digunakan pada penggilasan lapisan hot mix sebagai “penggilas antara”. Dimana Roda-rodanya dapat bergerak maju dan dapat pula digetarkan atau digerakkan naik turun untuk memberikan tumbukan yang kuat.

Itulah beberapa alat berat yang kerap digunakan untuk membangun jalan. Jadi, kini Anda sudah tahu apa fungsi dari alat-alat berat yang sering Anda temukan di proyek pembangunan jalan, bukan? Semoga bermanfaat!

Add Comment