5+ AMAZING Teknologi Tepat Guna di Bidang Pertanian.

Ad

Teknologi Tepat Guna di Bidang Pertanian Teknologi Tepat Guna merupakan sebuah upaya untuk memanfaatkan sumber daya semaksimal mungkin dengan menyelesaikan permasalahan yang timbul dari lingkungan.

Ada beberapa masalah yang harus dihadapi ketika menerapkan Teknologi Tepat Guna, seperti penggunaan dan pengelolaan Sumber Daya Alam yang belum optimal.

contoh-beragam-teknologi-tepat-guna-di-bidang-pertanian
Teknologi Tepat Guna di Bidang Pertanian

Video: Contoh-Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Untuk memudahkan anda memahami tentang teknologi tepat guna, berikut kami sajikan di channel youtube kami video contoh alat teknologi tepat guna sederhana jangan lupa kunjungi youtube channel kami dengan meng-klik link ini.

Dukung youtube channel kami agar terus berkembang dan menyajikan konten tentang teknologi tepat guna lainnya dengan meng-klik tombol SUBSCRIBE dan semoga dengan adanya konten-konten teknologi tepat guna (TTG) yang kami sajikan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat akan pentingnya TTG untuk meningkatkan produktifitas dan memajukan perekonomian masyarakat, ENJOOOYY!!..

Teknologi Tepat Guna dalam Bidang Pertanian

Meskipun sudah banyak petani yang memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka, namun masih ada saja petani yang memilih untuk melakukan pekerjaannya secara tradisional.

Padahal tindakan tersebut akan membuat petani tersebut ketinggalan bahkan merugi. Karena kurang produktif akibat penggunaan cara tradisional yang cenderung kurang efektif dan efisien. Beragam Teknologi Tepat Guna di Bidang Pertanian.

Kendala lain kenapa para petani tidak memanfaatkan teknologi tepat guna adalah karena sosialisasi mengenai Teknologi Tepat Guna masih belum merata, jadi para petani kurang mendapatkan informasi terkai hal tersebut. Beragam Teknologi Tepat Guna di Bidang Pertanian.

Nah, bicara mengenai teknologi tepat guna di bidang pertanian, beberapa diantaranya adalah berikut ini:

1. Mesin Perontok Padi

Pada musim panen, tentu saja petani akan membutuhkan banyak tenaga untuk melakukan kegiatan perontokkan padi dan mengolahnya menjadi beras, kemudian menjualnya.

Para petani yang menggunakan cara tradisional akan merontokkan padi dengan memukul atau menumbuk padi-padi tersebut. Kegiatan yang dilalkukan dengan cara seperti ini akan memakan waktu yang lama dan hasil yang kurang sempurna.

contoh-beragam-teknologi-tepat-guna-di-bidang-pertanian
Teknologi Tepat Guna di Bidang Pertanian

Dengan menggunakan teknologi  mesin ini, penggunanya akan dapat merasakan keunggulan seperti metode potong pendek atau pengumpanan jerami langsung ke mesin, pengumpanan dengan jerami dipegang oleh tangan, dan masih banyak keunggulan lainnya.

Kerusakan gabah yang dihasilkan pun kurang dari 2%. Kemampuan pemisahannya mencapai 98% dengan kapsitas kerja hingga 500 kg/ jam (tergantung jenis mesinnya).

2. Mesin Pemipil Jagung

Mesin pemipil jagung menjadi salah satu Teknologi Tepat Guna yang akan membantu petani untuk melakukan proses pemipilan pada jagung-jagung yang telah dipanen.

Cara kerja dari mesin ini adalah denga memipil biji-biji jagung dari tongkolnya. Dengan menggunakan mesin ini, petani jagung akan lebih menghemat waktu dan hasil pemipilan pun lebih banyak dibandingkan dengan cara manual.

contoh-beragam-teknologi-tepat-guna-di-bidang-pertanian
Teknologi Tepat Guna di Bidang Pertanian

Mesin ini menggunakan tenaga penggerak dengan kekuatan Motor Diesel 6,5 HP, dan kapasitas kerja sekitar yang menghasilkan 1 hingga 1.5 ton perjam.

Membutuhkan 2 orang pekerja untuk mengoperasikan mesin ini. Komponen utamanya terdiri dari ruang pembersih, kerangka dan roda, dan juga ruang pemipil.

3. Manure Spreader

Manure Spreader merupakan alat penabur pupuk organik. Teknologi mesin ini akan memudahkan pekerjaan petani dalam menabur pupuk di ladang kering atau sawahnya.

Mesin penabur pupuk organik ini akan membantu menabur dengan hasil yang merata dan juga pengerjaannya menjadi lebih cepat daripada menabur pupuk dengan menggunakan tenaga petaninya sendiri.

contoh-beragam-teknologi-tepat-guna-di-bidang-pertanian
Teknologi Tepat Guna di Bidang Pertanian

Jenis pupuk yang biasanya digunakan adalah pupuk organik dengan dosis sebanyak 10 hingga 12 ton per hektare. Mesin ini menggunakan tenaga penggerak berupa traktor roda dua dengan kecepatan bekerja maksimum hingga 3km/ jam.

4. Mesin Traktor

contoh-beragam-teknologi-tepat-guna-di-bidang-pertanian
Teknologi Tepat Guna di Bidang Pertanian

Mesin traktor akan menjadi Teknologi Tepat Guna yang sangat membantu petani untuk membajak sawah. Mereka tidak perlu lagi menggunaakan tenaga hewan ternak dan pekerjaan membajak sawah akan menjadi lebih cepat selesai karena dikerjakan oleh sebuah mesin.

5. Mesin Penghasil Ekstrak Minyak Biji-bijian

contoh-beragam-teknologi-tepat-guna-di-bidang-pertanian
Teknologi Tepat Guna di Bidang Pertanian

Teknologi Tepat Guna berupa mesin penghasil minyak biji-bijian ini akan tepat bila dikembangkan oleh petani biji-bijian. Harga jual dari produk hasil tani berupa biji-bijian tidak stabil dan terkadang mencapai angka yang rendah, namun ketika sudah diekstrak menjadi minyak, maka harga jualnya menjadi jauh lebih tinggi. Jadi, tak salah jika pengembangan mesin pembuat ekstrak minyak ini diyakini sangat membantu perekonomian petani.

Nah, itu dia beragam jenis contoh teknologi tepat guna bidang pertanian yang sebaiknya anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Add Comment