3 AMAZING Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana Dari Kardus

Ad

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana Dari Kardus – Berbicara tentang limbah, ada banyak sekali limbah yang dihasilkan oleh manusia. Dan tidak semua limbah tersebut berbahaya dan tidak bisa dimanfaatkan kembali.

Salah satu contohnya adalah limbah kardus. Limbah ini bisa dimanfaatkan menjadi teknologi tepat guna yang bermanfaat.

Baca juga: Teknologi Tepat Guna, Pompa Air Tanpa Listrik Temuan Siswa SMK Riau

beragam-contoh-teknologi-tepat-guna-sederhana-dari-kardus
Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana Dari Kardu

Video: Contoh-Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Untuk memudahkan anda memahami tentang teknologi tepat guna, berikut kami sajikan di channel youtube kami video contoh alat teknologi tepat guna sederhana jangan lupa kunjungi youtube channel kami dengan meng-klik link ini.

Dukung youtube channel kami agar terus berkembang dan menyajikan konten tentang teknologi tepat guna lainnya dengan meng-klik tombol SUBSCRIBE dan semoga dengan adanya konten-konten teknologi tepat guna (TTG) yang kami sajikan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat akan pentingnya TTG untuk meningkatkan produktifitas dan memajukan perekonomian masyarakat, ENJOOOYY!!..

Contoh Teknologi Tepat Guna Sederhana Dari Kardus

Jika Anda memiliki sebuah toko retail maka akan banyak sekali kardus yang terbuang sia-sia. Daripada hanya dibuang atau dijual murah ke padagang loak, ada baiknya jika kardus tersebut diubah menjadi sesuatu yang bermanfaa, misalnya dengan menjadikannya beragam teknologi tepat guna sederhana dari kardus, seperti yang kami bagikan ini. Penasaran?

 1. Mesin Penetas Telur Sederhana Dari Kardus

Apakah Anda memlihara ayam? Jika ayam Anda bertelur maka Anda bisa membuat mesin penetas telur sendiri dari kardus. Caranya pun cukup simple.

Bahan yang Anda butuhkan ialah satu buah kardus berukuran 35 x 35 x 35 cm, sekam padi, isolasi, gunting, cutter, wadah air, kabel dan peralatan listrik, serta lampu 5 watt (usahakan yang panas dan tahan lama).

beragam-contoh-teknologi-tepat-guna-sederhana-dari-kardus
Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana Dari Kardu

Pertama, Anda harus meletakkan kardus di tempat datar. Buat 1 buah saluran udara (ventilasi) ukuran 6 x 6 cm. Lalu 4 buah ventilasi di bagian samping kardus dengan diameter 1 cm. Setelah itu, taburkam sekam padi ke kardus dengan ketebalan sekitar 3 cm.

Agar udara di kardus tetap lembab letakkan wadah air di salah satu pojok kardus. Setelah itu, berilah lampu di kardus agar suhu tetap hangat. Jarak lampu dengan telur kira-kira 9 cm. Mudah bukan?

2. Kompor Surya Dari Kardus Bekas

Untuk membuat kompor surya ini pun cukup mudah. Syarat utamanya cuaca harus terik dan panas oleh sinar matahari. Bahan yang Anda butuhkan pun mudah ditemukan seperti 1 buah kardus, kertas timah, lem kertas, gunting, cutter, panci kecil berisi air, dan penyangga untuk panci.

beragam-contoh-teknologi-tepat-guna-sederhana-dari-kardus
Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana Dari Kardu

Cara pembuatannya cukup simpel. Siapkan kardus di tempat yang terkena matahari. Tempelkan kertas timah di penutup kardus dengan lem kertas dan usahakan agar bisa menghadap ke arah matahari (membentuk sudut 45o ).Selanjutnya, masukkan penyangga panci dan panci berisi air ke tengah kardus.

Jika arah kertas timah belum sesuai dengan letak panci, maka sesuaikan dulu. Tunggu selama beberapa menit. Jika cuaca sangat panas, maka air di panci akan mendidih dengan cepat. Anda pun juga bisa memakai cara ini jika sedang berkemah.

 3. Katrol Sederhana Dari Kardus Bekas

Mungkin Anda pernah membuat katrol seperti ini saat kelas 5 SD. Bahan- bahan yang Anda perlukan mudah  didapatkan dan tentunya murah meriah, mulai dari kardus bekas, tutup botol air mineral, paku, sedotan, lem, gunting atau cutter, serta benang nilon.

beragam-contoh-teknologi-tepat-guna-sederhana-dari-kardus
Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana Dari Kardu

Langkah pertama ialah membuat 2 buah lingkaran dari kardus bekas dengan diameter 7 cm. Potong menggunakan cutter atau gunting kemudian lubangi bagian tengah dengan paku.

Selanjutnya, ambil 1 tutup botol air mineral dan lubangi bagian tengahnya dengan paku juga. Masukkan sedotan pada dua buah lingkaran kardus.

Selanjutnya olesi bagian depan dan belakang dari tutup botol air mineral dengan lem perekat. Rekatkan bagian depan dan belakang tutp botol dengan lingkaran kardus yang sudah dibuat sebelumnya.

1 bagian tutup untuk 1 lingkaran kardus. Sekarang, katrol dari kardus bekas sudah siap.

Menarik bukan teknologi tepat guna sederhana dari kardus diatas? Jika Anda penasaran dengan tutorial di atas maka Anda bisa mencobanya di rumah. Selamat berkreasi.

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana Dari Kardus. Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana Dari Kardus. Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana Dari Kardus.

Add Comment