10 AMAZING Teknologi Tepat Guna UKM Yang Dapat Meningkatkan Produktifitas UKM.

Teknologi Tepat Guna UKM – Kata teknologi pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita, generasi saat ini. Sebagaimana yang kita tahu, perkembangan zaman membuat manusia terus berinovasi dengan teknologi, guna menemukan suatu alat atau cara untuk lebih memudahkan manusia dalam melakukan suatu pekerjaan.

Nah, bicara mengenai teknologi, pada kesempatan kali ini, kami akan mengupas tentang teknologi tepat guna. Apa itu?

Teknologi tepat guna mulai tenar ketika terjadi berbagai gerakan perlindungan lingkungan tahun 1970 dan krisis minyak pada tahun 1973. Masyarakat mulai memikirkan teknologi yang lebih ramah lingkungan dan ramah sosial untuk digunakan.

Pada dasarnya, alat-alat atau teknologi tersebut harus bisa digunakan untuk meringankan pekerjaan manusia namun sekaligus aman, dan bisa lebih menghemat sumber daya yang ada. Dan juga mudah dibuat dan mudah dirawat oleh manusia. Teknologi Tepat Guna UKM

Suatu alat dapat dikatakan sebagai teknologi tepat guna jika memiliki 4 kriteria yang bisa dijadikan acuan, yaitu :

  1. Teknologi yang diciptakan harus dibuat dan diciptakan dengan sumber daya yang sudah ada di lingkungan tersebut
  2. Teknologi yang dibuat sesuai, cocok dan dapat diterima oleh masyarakat sesuai nilai nilai yang berlaku
  3. Teknologi yang dibuat mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat di lingkungan tersebut
  4. Masyarakat bisa mempelajari, mengoperasikan dan memelihara alat teknologi tepat guna tersebut.

Teknologi tepat guna memang sedang marak digalakkan di berbagai daerah saat ini terutama di daerah yang tertinggal dan untuk keperluan Usaha Kecil Menengah atau UKM. Alat – alat dari teknologi tepat guna tersebut diharapkan mampu membantu para pelaku UKM untuk mempermudah pelaku UKM untuk memproduksi produknya tanpa mengelarkan biaya yang terlalu besar untuk pembelian mesin dan alat untuk produksi.

Untuk memudahkan anda memahami teknologi tepat guna, berikut akan disajikan beberapa contoh dari alat teknologi tepat guna untuk usaha kecil menengah.

Teknologi Tepat Guna UKM (Usaha Kecil Menengah)

Video: Contoh-Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Untuk memudahkan anda memahami tentang teknologi tepat guna, berikut kami sajikan di channel youtube kami video contoh alat teknologi tepat guna sederhana jangan lupa kunjungi youtube channel kami dengan meng-klik link ini.

Dukung youtube channel kami agar terus berkembang dan menyajikan konten tentang teknologi tepat guna lainnya dengan meng-klik tombol SUBSCRIBE dan semoga dengan adanya konten-konten teknologi tepat guna (TTG) yang kami sajikan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat akan pentingnya TTG untuk meningkatkan produktifitas dan memajukan perekonomian masyarakat, ENJOOOYY!!..

1. Alat Pemotong Bawang Sederhana

Alat dan Bahan :

  • Kaleng bekas rokok
  • Cutter
  • kayu triplek
  • lem tembak

Cara pembuatan :

  1. Buat pola lubang berbentuk segi empat pada bagian tutup kaleng rokok menggunakan spidol.
  2. Kemudian lubangi dengan menggunakan pisau.
  3. Siapkan2 buah kayu triplek persegi panjang dengan ukuran sekitar 10 cm dan letakkan dibagian sisi luar tutup kaleng. Kemudian gambar pola melingkar seperti gambar berikut  :
Alat Pengiris Bawang
Teknologi Tepat Guna UKM
  • Selanjutnya, potong kayu triplek tersebut mengikuti pola dan ratakan hingga potongan kayu dapat dimasukkan pada bagian dalam tutup kaleng.
  • Gambar pola garis garis pada bagian dalam kayu triplek untuk meletakkan pisau pemotongnya.
  • Kemudian iris pola garis tersebut namun jangan sampai membelah kayu. Cukup sampai cutter dapat masuk ke pola tersebut seperti gambar dibawah ini. Jarak antara garis dapat anda sesuaikan dengan ketebalan bawang yang ingin anda potong.
Alat Pengiris Bawang 2
Teknologi Tepat Guna UKM
  • Patahkan bagian cutter menggunakan tang. Sesuaikan ukuran cutter dengan besarnya tutup kaleng rokok yang telah anda siapkan.
  • Pasang cutter kedalam lubang garis pada kayu triplek. Kaitkan dengan bagian kayu yang lain seperti gambar berikut. Pada proses ini, anda harus berhati hati agar tidak terkena sayatan cutter, jika perlu anda bisa menggunakan sarung tangan kain untuk melindungi jari anda.
Alat Pengiris Bawang 3
Teknologi Tepat Guna UKM
  1. Lakukan hingga semua garis telah terisi dengan cutter.
  2. Letakkan kayu dan cutter tersebut kedalam tutup kaleng rokok kemudian rekatkan menggunakan lem tembak.
  3. Posisikan bagian cutter yang tajam dibagian atas tutup kaleng.
  4. Alat pengiris bawang sudah dapat digunakan.

Cara penggunaannya adalah letakkan tutup kaleng dengan cutter tadi pada bagian kaleng yang lain. Taruh bawang di alas yang datar kemudian tekan bawang tersebut menggunakan kaleng bagian atas. Bawang yang sudah teriris otomatis akan masuk pada bagian dalam kaleng. Bagaimana ? mudah dibuat dan sangat bermanfaat bukan? Selamat mencoba !

2. Alat Pemotong Keripik Singkong Sederhana

Alat dan Bahan :

Alat Pemotong Keripik
Teknologi Tepat Guna UKM
  • Papan kayu halus / papan kayu yang sudah dilapisi
  • Potongan kayu berbentuk persegi panjang
  • 2 buah kayu berbentuk balok
  • 4 buah mur
  • Cutter (slicer)
  • Obeng
  • Tang pemotong

Cara pembuatan :

  1. Buat 2 lubang untuk meletakkan mur di bagian atas papan kayu dengan jarak 3 cm dari sisi kiri dan 3 cm dari sisi kanan papan kayu
  2. Buat 2 lubang pada bagian tengah papan kayu dengan jarak masing – masing 5 cm dari sisi kanan dan sisi kiri papan kayu
  3. Lubangi 2 kayu berbentuk balok di bagian tengah atas untuk menancapkan mur
  4. Buat lubang garis dibagian dalam balok kayu untuk meletakkan cutter / slicer. Sesuaikan ketebalan balok kayu bagian dalam dengan ketebalan keripik yang anda mau.
Alat Pemotong Keripik 2
Teknologi Tepat Guna UKM
  • Masukkan cutter kedalam 2 balok kayu tersebut. Sesuaikan panjang cutter dengan lubang bagian bawah papan kayu yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Tata balok kayu dan cutter tersebut diatas papan kayu dan rekatkan dengan 2 buah mur dengan posisi cutter yang tajam berada di bagian atas.
  • Potong bagian mur yang tidak terpakai untuk mempercantk alat pemotong dan tidak mengganggu penggunaan.
  • Untuk balok kayu persegi panjang, letakkan dibagian belakang papan kayu menggunakan sisa mur yang ada. Potong bagian mur yang tidak terpakai agar tidak mengganggu penggunaan. Fungsi dari balok kayu persegi panjang ini adalah untuk penahan alat sehingga mudah digunakan. Anda bisa menyesuaikan sendiri ukuran dari kayu persegi panjang ini.
  • Alat pemotong keripik singkong sederhana sudah dapat digunankan.

Ad

Ad

Cara menggunakannya adalah letakkan alat pemotong kreripik pada bidang datar dengan posisi papan kayu yang terdapat balk kayu persegi panjang di bagian atas. Siapkan singkong yang telah dikupas dan dicuci bersih, kemudian arahkan singkong kearah cutter dengan gerakan keatas dan kebawah. Teknologi Tepat Guna UKM

Sebagai tips, masukkan singkong yang telah dipotong kedalam wadah berisi air garam untuk memberi rasa dan mencegah oksidasi. Mudah bukan ? alat ini tentu sangat membantu para pelaku UKM. Alat ini tidak hanya bisa digunakan untuk memotong / mengiris singkong, alat ini juga bisa dgunakan untuk mengiris bawang, buah – buahan, kentang dan tempe.

3. Alat Pres Plastik Kemasan Manual

Alat dan Bahan :

  • Kawat pancing. Bisa juga menggunakan kawat nikelin atau menggunakan senar gitar yang kecil
  • Slongsong kabel bakar
  • Paku kecil atau digani dengan mur.
  • Kabel secukupnya
  • Konektor adaptor 12v
  • Adaptor 12v 5A
  • Kayu
Alat Press Plastik
Teknologi Tepat Guna UKM
  • Lakban kertas jangan menggunakan lakban yang lain.

Cara Pembuatan :

  1. Potong bagian kayu triplek ukuran 250 x 30 x 6 mm sesuai dengan pola yang sudah dibuat.
  2. Pada bagian yang tidak dipotong, masukkan 1 buah paku kecil / mur dibagain tengah dalam kayu. Gunakan obeng untuk membantu memasukkan paku.
  3. Pada bagian yang dipotong, masukkan 2 buah paku kecil /mur dengan arak yang berdekatan.
  4. Potong kawat yang biasa digunakan untuk pancing ikan sepanjang 53 cm.
  5. Pasang kawat ke salah satu mur di bagian kayu triplek yang dipotong kemudian kaitkan ke mur pada bagian kayu yang tidak dipotong. Bawa lagi keatas kemudian kaitkan pada mur lain di bagian kayu triplek yang terpotong.
  6. Tutupi kawat pancing tersebut menggunakan solasi /lakban kertas dan rapikan sesuai dengan bentuk kayu.
  7. Siapkan konektor adaptor 12v dan selongsong kabel bakar. Potong selongsong kabel sesuai dengan ukuran konektor adaptor.
  8. Masukkan selongsong kabel ke konektor adaptor masing masing 1.
  9. Kaitkan bagian kawat listrik dari konektor adaptor ke bagian mur pada potongan kayu masing masing 1 bagian. Buah kawat listrik yang menjuntai agar kabel rapi dan tidak membuat kesetrum saat menggunakannya.
  10. Rapikan selongsong kabel dengan membakarnya menggunakan korek api.
  11. Lem potongan kayu lain untuk membentuk badan dari alat press.
Alat Press Plastik 2
Teknologi Tepat Guna UKM
  • Pasang konektor adaptor pada bagian bawah alat dan rekatkan menggunakan lem tembak agar terkesan rapi
Alat Press Plastik 3
Teknologi Tepat Guna UKM
  • Pasang bagian atas (presser) dari alat kemudian kaitkan dengan bagian badan alat. Letakkan mur pada bagian samping agar dapat digerakkan keatas dan kebawah.
  • Alat press manual sederhana siap digunakan.

Ad

Ad

Cara penggunaannya adalah pasang adaptor 12 v 5a pada konektor adaptor yang sudah terpasang kemudian pasang pada colokan listrik. Tunggu 2 – 3 menit agar kawat pancing sudah panas. Letakkan bungus plastik diantara badan alat dan pengait diatasnya kemudian turunkan pengait dan tekan selama 2 – 4 detik. Jangan terlalu lama menekan plastik kemaan agar tidak meleleh. Teknologi Tepat Guna UKM

Bagaimana ? mudah bukan cara membuatnya ? alat dan bahannya pun mudah didapat. Alat ini tentunya membantu banyak pelaku UKM untuk meningkatkan nilai jual dari produknya karena semakin baik kemasan dari produk juga akan meningkatkan citra yang otomatis meningkatkan harga jual dari produk tersebut.

4. Mesin Penetas Telur Sederhana

Mesin Tetas Telur Sederhana
Teknologi Tepat Guna UKM

Alat dan Bahan :

  • Kardus
  • Sekam padi atau bisa diganti dengan tatar kayu (serbuk kayu)
  • Perekat
  • Wadah air bisa menggunakan mangkuk, gelas atau kaleng bekas
  • Kabel dan lampu kuning 5 – 15 watt.

Ad

Ad

Cara membuat :

  1. Lubangi kardus di masing masing bagian kardus dengan 4 lubang sekitar diameter 3 cm.
  2. Pasang lampu dibagian atas kardus.
  3. Kemudian, lapisi kardus dengan sekam padi atau tatar kayu (serbuk kayu) sebagai alas
  4. letakkan wadah air kecil dipojok kardus untuk menjaga kelembapan kardus.
  5. Letakkan di bidang datar. Mesin penetas telur siap digunakan.
Mesin Tetas Telur 2
Teknologi Tepat Guna UKM

Untuk menggunakannya, letakkan telur berjajar secara rapi dengan jarak yang sama anar telur. Jangan meletakkan telur secara berdempet karena panas dari sinar lampu tidak akan merata yang nantinya akan membuat telur membusuk dan tidak jadi menetas. Teknologi Tepat Guna UKM

Ad

Ad

Setelah menata telur, tutup kardus. Balik telur setiap hari pada wkatu yang sama. Misalnya anda hari ini membuat alat ini pada pukul 9 pagi, maka besoknya anda harus membalik telur pukul 9 pagi juga. Bagaimana mudah bukan ? selamat mencoba.

5. Detektor Telur Busuk

Detektor Telur Busuk
Teknologi Tepat Guna UKM

Alat yang berbentuk seperti senter ini, diciptakan oleh seorang pelajar SMA Taruna Nusantara, Magelang. Senter ini dilengkapi dengan sensor cahaya dan kalibrator yang di pasang dalam senter. Bila senter diarahkan ke telur dan tembuh, detektor akan menunjukkan lampu berwarna hijau yang tandanya telur dalam keadaan baik. Teknologi Tepat Guna UKM

Ad

Ad

Sebaliknya, ketika cahaya diarahkan ke telur dan tidak tembus, detektor akan menunjukkan lampu merah yang artinya telur tersebut busuk. Alat ini tentu sangat berguna bagi pelaku UKM penjualan telur / peternak telur untuk memastikan kualitas telur yang dihasilkan telah baik dan sesuai dengan standar.

6. Alat Peniris Minyak Keripik (Spinner)

Alat dan Bahan :

  • Kaleng bekas kemasan biskuit
  • Dinamo kipas angin
  • Saklar
  • Kabel dan colokannya
  • Kancing Ass dinamo
  • Toples kecil ukuran 5 liter
  • Toples Besar ukuran 16 liter
  • Pipa ukuran kecil
  • Selang kecil
  • Lem

Ad

Ad

Cara membuat :

  1. Buat lubang secara rata diseluruh toples kecil ukuran 5 liter. Toples ini nantinya akan digunakan untuk menaruh keripik yang sudah digoreng. Lubangi pula pagian bawah toples.
  2. Lubangi bagian samping toples besar ukuran 16 liter dan pasang pipa / selang kecil. Toples ukuran besar ini berfungsi sebagai wadah minyak yang telah disaring oleh wadah pertama. Fungsi selang / pipa kesil ini adalah untuk mengelarkan minyak yang tertampung.
  3. Lubangi bagian tengah toples besar untuk jalan masuk dinamo.
  4. Lubangi tutup kaleng bekas kemasan biskuit pada bagian tengah hingga dinamo bisa masuk.
  5. Letakkan toples besr pada kaleng yang sudah tergabung dengan dinamo, rekatkan menggunakan baut di sekitar besi dinamo. Jangan terlalu banyak, cukup 2 baut saja.
  6. Pasang kancingan ass dinamo yang seperti paku pada besi dinamo, kemudian masukkan toples ukuran kecil yang sudah dilubangi.
  7. Pasang kancingan ass dinamo yang berbentuk ceper pada bagian dalam toples ukuran kesil. Kuatkan dengan memutar kekiri.
  8. Letakkan pipa ukuran kecil diatasnya, rekatkan menggunakan lem.
  9. Lubangi tutup toples ukuran kecil dengan diameter sama seperti pipa yang terpasang. Kemudian pasang tutup toples pada toples
  10. Lubangi tutup tolpes besar dengan ukuran diameter yang sama untuk mencegah minyak tumpah keluar saat keripik diputar.
  11. Rekatkan dinamo pada kabel dan colokannya, jika perlu, pasang selongsong kabel bakar untuk mencegah kesetrum saat pemakaian.

Cara menggunakan alat ini adalah dengan mencolokkan kabel dana stop kontak listrik. Kemudian masukkan keripik yang sudah digoreng kedalam toples ukuran kecil. Nyalakan dinamo dan alat sudah siap digunakan. Bagaimana ? mudah dan sangat berguna bukan ? selain untuk keripik alat ini juga dapat meniriskan bawang dan makanan ringan lain yang akan dikemas. Teknologi Tepat Guna UKM

Ad

Ad

7. Mesin Spinner

Mesin spinner merupakan alat peniris minyak yang dberfungsi untuk meniris kan dan mengurangi kadar minyak yang ada pada bahan yang digoreng seperti gorengan dan kripik.

Prinsip kerja dari alat ini yakni dengan cara deoling (berputar dengan kecepatan tertentu).Proses perputaran spiner dengan rpm yang sudah ditentukan akan mengakibatkan minyak keluar melalui lubang pembuangan. Proses ini akan membuat kadar minyak berkurang secara signifikan.

contoh-teknologi-tepat-guna-untuk-ukm
Teknologi Tepat Guna UKM

Alat peniris minyak sering digunakan pada proses untuk mengurangi kadar minyak pada makanan. Pengusaha UKM seperti abon, kripik singkong, kripik buah, dan kripik sayur, bahkan bawang goreng seringkali membutuhkan alat ini untuk membantu proses penirisan kadar minyak. Perangkat alat peniris minyak ini terdiri dari keranjang, penggerak, dan penutup. Teknologi Tepat Guna UKM

Ad

Ad

Penggunaan alat ini akan memberikan beberapa keuntungan yaitu lebih efisien, hemat biaya jika dibandingkan dengan kertas peresap, hasil lebih bagus (pengeringan maksimal 80%), makanan lebih awet dan tahan lama, sertameningkatkan jumlah produksi secara cepat dan maksimal.

8. Mesin Pemeras Tebu

Merupakan alat yang berfungsi untuk memeras tebu. Hasil dari mesin ini yakni cairan sangat manis (Sari Tebu). Alat ini juga sering disebut Sugar Cane Extraxtor.

Mesin ini ada yang menggunakan energi listri ataupun manual (tenaga manusia). Prinsip dari mesin pemeras tebu yani batang tebu yang akan diekstrak dimasukkan ke dalam mesin giling, kemudian akan ditekan oleh tuas berputar. Hasilnya sari tebu akan tertambung pada wadah penampung.

contoh-teknologi-tepat-guna-untuk-ukm
Teknologi Tepat Guna UKM

Putar kran untuk mengeluarkan air tebu dari wadah penampungan. Mesin ini sangat diperlukan oleh pengusaha UKM gula rumahan, minuman tebu, dan pengusaha kuliner lainnya.

Ad

Ad

Keuntungan yang didapatkan yakni hasil perasan tebu jernih dan murni, efektif dan efisien, praktis, aman, dan higienis, handal, tahan lama, hemat energi, dan biaya. Teknologi Tepat Guna UKM

 9. Mesin Perajang Jerami

Merupakan mesin yang dibuat khsusu untuk merajang jerami menjadi kecil-kecil. Mesin ini dibutuhkan oleh pengusaha UKM pakan ternak. Mesin ini dilengkapi dengan pisau baja yang terbuat dari spring steel dan bimetal. Mesin perajang jerami menggunakan energi motor listrik, diesel, ataupun motor bensin.

contoh-teknologi-tepat-guna-untuk-ukm
Teknologi Tepat Guna UKM

Mesin ini sangat simple karena hanya memerlukan beberpa komponen saja seperti pisau yang berfungsi untuk memotong jerami, motor penggerak yang berfungsi untuk menggerakan alat, rangka yang berfungsi untuk menempelnya komponen lain seperti dudukan as, crusher chamber dll. Teknologi Tepat Guna UKM

Ad

Ad

Komponen selanjutnya adalah pulley yang berfungsi untuk menghubungkan motor penggerak dengan AS . terakhir adalah AS yang berfungsi untuk tempat dudukan pisau.

 10. Vacuum Frying

Vacuum Frying merupakan alat yang dibuat untuk menggoreng komoditas seperti buah atau sayur sehingga menghasilkan produk yang renyah, tidak tengik, dan tidak gosong.

Prinsip kerja vacuum frying adalah menghisap kadar air dalam sayuran dan buah dengan kecepatan yang tinggi agar pori-pori tidak cepat menutup sehingga kadar air dapat diserap dengan sempurna.

contoh-teknologi-tepat-guna-untuk-ukm
Teknologi Tepat Guna UKM

Vacuum frying bekerja dengan mengatur keseimbangan suhu dan tekanan vacuum. Tekanan pada mesin vacum harus lebih rendah daripada tekanan di lingkungan. Tekanan yang digunakan berkisar antara 65 – 76 cmHg.

Ad

Ad

Hal tersebut akan membuat minyak akan mengalami penurunan titik didih dari 110-200 menjadi 80- 100. Kondisi ini akan membuat kualitas rasa, aroma, dan warna pada produk tidak berubah. 

Itulah diatas penjelasan lengkap mengenai beberapa teknologi tepat guna untuk usaha kecil menengah (UKM). Pemerintah saat ini sedang banyak menggalakkan geralan ekonomi kreatif serta UKM sebagi pilar ekonomi mikro. Dengan dibuatnya teknologi tepat guna, pemerintah mengharapkan pelaku UKM dan ekonomi keatif dapat meningkatkan produksinya serta meningkatkan perekonomian skala nasional. Teknologi Tepat Guna UKM

Semua alat diatas mudah dibuat serta tidak membutuhkan bahan yang mahal. Semoga menginspirasi, khususnya bagi anda para pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Add Comment