5 Tips Aman Browsing Internet untuk Menjaga Privasi

Mengapa sih browsing yang aman itu perlu dilakukan? Apa fungsinya menjaga privasi saat browsing? Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari penggunaan Internet, salah satunya adalah melakukan browsing.

Saat melakukan browsing, kadang disadari atau tidak kita bisa saja mengunggah data pribadi kita. Misalnya data kartu kredit saat berbelanja online. Tanpa keamanan yang memadai, data pribadi ini bisa saja bocor ke pihak lain dan dapat disalahgunakan.

Selain itu, tanpa pengaturan untuk meningkatkan privasi saat browsing, riwayat browsing kita bisa saja diakses atau dilihat orang lain. Apakah Anda akan merasa terganggu jika orang lain mengetahui situs apa saja yang Anda kunjungi atau apa saja yang Anda beli dari Internet? Bagi sebagian besar orang, hal ini tentu tidak nyaman. Apalagi jika kita mengakses situs yang bersifat privat atau situs yang sebaiknya tidak diketahui orang banyak jika kita mengunjunginya.

Nah, untuk itu, kita perlu melakukan beberapa hal agar kita bisa browsing aman dan lebih terjaga privasinya. Simak beberapa tips di bawah ini:

Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

Saat kita melakukan browsing, IP address yang kita gunakan dapat diketahui oleh pihak lain. Informasi IP address ini dapat menunjukkan lokasi kita berada dan situs yang kita kunjungi.

Menggunakan VPN akan memungkinkan perangkat yang kita gunakan memiliki IP address dari negara lain. Jadi, VPN ini berguna bagi yang ingin privasinya terjaga saat sedang browsing.

Selain itu, menggunakan VPN juga akan memudahkan Anda untuk mengakses situs tertentu seperti situs betting W88 link alternatif. Meskipun banyak peminat betting online, tapi kadang tanpa menggunakan VPN, akan sulit mengakses situs sejenis ini dengan IP address lokal Indonesia.

Menggunakan VPN dapat menyelesaikan masalah browsing di atas, sekaligus membuat browsing kita lebih aman dan privat. VPN dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

Memakai mode Incognito

Saat kita ingin browsing dengan lebih privat, sebaiknya gunakan browser dalam mode Incognito. Dengan mode ini, browser secara otomatis tidak akan menyimpan riwayat browsing kita. Artinya, orang lain tidak akan bisa melacak situs apa saja yang pernah kita buka saat browsing.

Memakai mode incognito pada browser Chrome bisa bermanfaat misalnya saat kita browsing untuk mencari ide kejutan untuk pasangan atau saat kita membuka situs tertentu yang kita tidak ingin orang lain tahu.

Saat kita browsing dengan komputer umum, misalnya saat di rental komputer atau di perpustakaan, juga sebaiknya menggunakan mode incognito agar lebih aman.

Untuk browsing dalam mode incognito caranya sangat mudah. Pada browser Chrome, klik tiga titik pada bagian kanan atas browser, dan pilih ‘buka mode incognito’. Mode browser aman ini juga bisa dibuka dengan menekan ctrl+shift+N secara besamaan pada laptop.

Mengaktifkan opsi ‘do not track’

Secara otomatis, saat kita melakukan browsing, Internet akan merekam situs apa saja yang kita buka, dan data ini akan digunakan untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan riwayat browsing kita. Jadi jangan heran jika Anda pernah mencari ‘tas wanita’ pada penelusuran, lalu setelahnya Anda akan melihat banyak iklan sepatu di halaman situs atau aplikasi yang Anda buka.

Jika hal ini membuat Anda tidak nyaman, sebaiknya atur pengaturan browser dengan memilih opsi ‘do not track’. Caranya, buka menu setting pada browser, lalu buka opsi ‘privacy’, pilih ‘send do not track request’, dan kirimkan request.

Tinggalkan Balasan