Tips Kredit Rumah untuk Anda yang Memiliki Gaji Kecil

Ad

Tidak semua orang memiliki pekerjaan yang mampu memberikan imbalan berupa gaji besar dan bonus yang melimpah. Terkadang, Anda dituntut harus puas dan bersyukur dengan pekerjaan saat ini, meskipun dengan gaji yang pas-pasan.

Lantas, bagaimana bisa mewujudkan mimpi memiliki rumah sendiri? Bagi Anda dengan gaji kecil jangan risau saat akan mengkredit rumah, karena ada banyak cara demi mewujudkan hal ersebut. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh kredit rumah dengan gaji kecil.

Tips Kredit Rumah Bagi Anda yang Memiliki Gaji Kecil

  1. Hitung Pengeluaran Bulanan Anda

 

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah memperhitungkan berapa banyak pengeluaran pokok Anda setiap bulannya. Penghitungan ini sangat bermanfaat untuk mengetahui berapa jumlah uang Anda yang bisa disisihkan untuk membayar angsuran kredit rumah tiap bulannya. Anda harus menghitung pengeluaran sehari-hari untuk makan, ongkos bepergian dan lain-lain.

 

Jika Anda masih memiliki tanggungan kredit lain seperti kredit kendaraan atau barang elktronik lainnya, lebih baik tunda keinginan Anda untuk kredit rumah. Tunggu hingga tanggungan kredit selesai terlebih dahulu agar Anda tidak keberatan saat membayar cicilan.

 

  1. Perkirakan DP Rumah yang Diinginkan

 

Kredit merupakan cara tepat bagi Anda yang berpenghasilan kecil dan pas-pasan untuk memiliki barang yang diidamkan, tanpa terkecuali sebuah hunian yang nyaman. Oleh karena itu, mulailah mencari tahu berapa DP untuk rumah dengan tipe yang Anda inginkan.

 

Misalkan rumah yang Anda inginkan seharga 200 juta dengan DP 20% berarti anda harus memiliki uang senilai 40 juta terlebih dahulu. Jadi, Anda harus mulai menabung mulai sekarang untuk bisa mempersiapkan biaya DP rumah yang harus dibayar cahs tersebut. Jangan lupa untuk melebihkannya sebagai uang jaga-jaga.

 

Perhitungkan pula kapan Anda kan membeli rumah, misalnya Anda inginmembeli rumah 3 tahun dari sekarang. Dengan DP sejumlah 40 juta berati Anda harus menabung paling tidak 1,7 juta seiap bulannya. Dengan gaji 3 juta rupiah pun Anda masih bisa mendapatkan rumah impian.

 

Apa bila Anda mendapat bonus-bonus dari pekerjaan, jangan dipakai untuk berjajan atau jalan-jalan saja. Lebih baik Anda tabung agar target DP rumah cepat terpenuhi.

 

  1. Pilih Bank Terpercaya

 

Pilihlah bank yang tepat untuk mengajukan KPR rumah Anda. Setiap bank pastinya memiliki kebijakan yang berbeda-beda, Anda lebih baik untuk bertanya mengenai apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan kredit rumah.

 

Kemudian bandingkan antara satu bank dengan bank lainnya dan pilih mana yang memberikan kemudahaan bagi Anda. Baik dari segi biaya angsuran dan keuntungan lainnya yang akan Anda dapatkan.

 

  1. Perkirakan Jangka Waktu hingga Kredit Lunas

 

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting lagi adalah memperkirakan berapa lama jangka waktu Anda mampu melunasi kredit rumah Anda hingga lunas. Biasanya jangka waktu yang paling cepat yang diberikan oleh KPR adalah 10 tahun hingga paling lama 25 tahun.

 

Pilihan tepat adalah jangan mengambil jangka waktu yang paling lama, malah usahakan untuk mengambil yang paling singkat yaitu 10 tahun atau 15 tahun saja.

 

Kebutuhan hidup manusia semakin hari semakin bertambah banyak bukan berkurang. Seperti jika Anda menikah, maka tanggungan hidup Anda juga akan semakin bertambah, kenutuhan anak sekolah dan sebagainya.

 

Mulai sekarang kurangi pengeluaran Anda yang tidak penting dan sisihkan untuk membayar cicilan tiap bulannya dan sesuaikan dengan jangka waktu yang bisa Anda penuhi.

Demikian beberapa tips kredit rumah untuk anda yang  bergaji kecil, selamat mencoba.

Add Comment