Tips Memilih Produsen yang Tepat dan Menguntungkan

Tips memilih ┬áprodusen yang tepat – Saat pertama kali mulai membuka sebuah bisnis, kita pasti akan berpikir mengenai dari mana kita mendapatkan produk untuk bisnis yang akan dijalankan. Umumnya, orang pasti memutuskan untuk memperoleh produk langsung dari tangan produsen (pembuatnya). Karena tentu harganya bisa lebih murah.

tips-memilih-produsen-yang-tepat

Akan tetapi tetap saja harus melalui pertimbangan saat memilih produsen, agar tidak menyesal nantinya. Nah, bagi anda yang ingin tahu bagaimana tips memilih  produsen yang tepat, berikut kami bagikan tipsnya.

Tips Memilih Produsen yang Menguntungkan

  • Pilih Produsen yang Memiliki Produk Berkualitas

Cara pertama adalah, anda harus memilih terlebih dahulu daftar list produsen yang mempunyai atau sudah terkenal dengan produknya yang berkualitas.

Jika anda malah memilih produsen yang populer dengan kualitas yang buruk atau kurang bagus, maka bisnis anda pun akan mendapatkan cap jelek dari masyarakat. Dan tentu saja hal ini akan merugikan anda.

  • Pahami Sistemnya

Supaya anda bisa mendapatkan produk langsung dari produsen atau pabriknya, anda harus memahami terlebih dahulu sistem yang dipakai oleh produsen itu.

Misalnya apa saja syarat untuk menjadi distributor, berapa biaya minimal yang harus anda keluarkan, berapa minimal pengambilan produk, dan adakah target penjualan yang harus dikejar dan lain sebagainya.

Apabila ada sistem yang kurang anda pahami, anda harus bertanya pada produsen tersebut.

Saran dari kami pilih dan carilah produsen yang mempunyai prinsip atau sistem yang sesuai dengan kemampuan anda.

Kenapa?

Karena beberapa produsen banyak, loh, yang menerapkan syarat-syarat khusus yang cukup berat. Misalnya seperti dalam sekali mengambil produk, anda diharuskan mengambilnya dengan jumlah yang sangat banyak.

Nah, jika keuangan anda tidak memungkinkan untuk mengikuti sistem yang dipakai produsen seperti ini, sebaiknya anda jangan memaksakan dan harus menghindarinya, serta beralih lah pada produsen yang mempunyai sistem sesuai dengan keadaan anda.

  • Legalitas Pabrik

Setiap produsen atau pabrik yang memiliki produk besar, apalagi yang terkenal, pasti ada surat izinnya. Jika produsen yang anda pilih ternyata tidak memiliki surat izin yang lengkap, sebaiknya anda mengurungkan niat anda tersebut. Tujuannya adalah supaya anda menghindari hal-hal merugikan yang dapat terjadi untuk ke depannya. Misalnya seperti penutupan pabrik ilegal dengan cara paksa, dan lain lain.

Nah, setelah melewati banyak pertimbangan di atas dan anda sudah yakin dengan produsen yang anda pilih, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pendaftaran.

Oh, ya, untuk pendaftaran sendiri ada yang gratis, ada pula yang dikenakan biaya. Semua itu tergantung kembali pada kebijakan dari masing-masing produsen.

Untuk mulai melakukan pendaftaran, anda harus membawa kartu identitas diri seperti KTP, KK (Kartu Keluarga), dan ada pula produsen yang mewajibkan memiliki rekening koran selama tiga bulan terakhir.

Setelah semuanya sudah siap, anda tinggal mengisi data dengan lengkap dan sesuai dengan keadaan anda. jangan sampai anda mengisi data yang tidak jelas, atau mempunyai kesan ambigu. Hal ini guna menghindari permintaan anda menjadi tidak disetujui oleh produsen.

Anda harus menunggu sekitar 3 hari dan biasanya paling lama satu minggu untuk mengetahui apakah permintaan anda tersebut di accepted atau tidak.

  • Pilihlah Sesuai Dengan Target Pasar

Banyak produsen yang tidak hanya menghasilkan satu macam produk saja. Contohnya seperti produsen baju yang menghasilkan berbagai macam jenis baju produksi. Maka dari itu, sudah menjadi tugas anda untuk memilih produk yang sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan sebelumnya.

Misalnya seperti ini, jika target pasar anda adalah kaum remaja, maka pilihlah baju yang sesuai dengan tren atau yang sedang disukai oleh kaum remaja. Atau jika produk yang ingin anda dapatkan langsung dari produsen adalah berupa makanan, maka pilihlah makanan yang mempunyai rasa enak atau sedang digandrungi oleh banyak konsumen.

Nah, itulah pembahasan mengenai tips memilih produsen yang tepat dan menguntungkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Add Comment