Tips Memperoleh Pinjaman untuk Modal Usaha

Ad

Sebagaimana yang kita tahu, modal merupakan kunci utama sebagai penentu sukses tidaknya usaha yang akan dijalankan. Tentunya yang dimaksud modal disini bukan saja tentang materi atau uang, melainkan juga modal skill atau keahlian serta niat yang kuat.

Nah, terkait dengan modal, khususnya modal berupa uang, berikut kami akan bagikan beberapa tips dalam memperoleh pinjaman uang untuk dijadikan modal  usaha.

Tips Memperoleh Pinjaman untuk Modal Usaha

1. Mengajukan Kredit ke Bank

 Salah satu cara yang paling banyak dilakukan untuk memperoleh pinjaman modal usaha adalah dengan mengajukan pinjaman pada bank. Namun tentunya mengajukan pinjaman ke bank tidak semudah membalikkan telapak tangan.

tips-memperoleh-pinjaman

Setiap mengajukan kredit atau pinjaman apa pun, hal pertama yang akan dilihat dan dinilai adalah riwayat kredit Anda sebelumnya. Untuk mereka yang memiliki riwayat kredit yang buruk, misalnya sering menunggak, dan sejenisnya, maka bisa dipastikan pengajuan kredit akan ditolak.

Namun bila riwayat kredit Anda baik, maka bank pemberi kredit akan lebih percaya dan lebih mudah menyetujui ajuan pinjaman Anda. Dan untuk mereka yang belum pernah mengajukan kredit atau pinjaman ke pihak mana pun, bukan berarti akan dipermudah, dalam hal ini pihak kreditur akan bersikap hati-hati dalam memberi keputusan.

Perlu diketahui, setiap kredit yang Anda pernah ajukan akan tersimpan di Sistem Bank Indonesia di dalam Sistem Informasi Debitur (SID). Jadi tunggakan sekecil apa pun akan terekam dan dapat diketahui oleh bank, dan menjadi penentu keputusan, apakah pengajuan Anda ditolak atau disetujui.

Jadi, dalam hal ini riwayat kredit menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Bila anda memang punya riwayat yang buruk, sebaiknya meminta saudara atau teman yang mau membantu anda, dalam mengajukan pinjaman tersebut.

2. Pakai Jasa KTA Fintech

Sekarang ini sudah banyak jasa-jasa pemberi kredit pinjaman lembaga non bank seperti KTA Fintech. Adanya lembaga-lembaga keuangan seperti ini sangat membantu para pengusaha kecil yang tidak bisa melakukan pinjaman di bank.

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan pijaman bank mensyaratkan adanya jaminan yang layak sesuai dengan jumlah uang yang dipinjam. Nah, bila anda menggunakan jasa non bank, maka syarat ribet tersebut bisa dihindari.

3. Modal Usaha melalui Modal Ventura 

Selain KTA Fintech, ada juga lembaga yang bisa Anda gunakan untuk mengajukan pinjaman modal usaha yaitu melalui modal Ventura. Modal ventura sendiri memiliki beberapa jenis pembiayaan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Modal ventura biasanya membolehkan jaminan pinjaman yang bukan berbentuk aset tetap, misalnya yang dijadikan jaminan adalah usaha itu sendiri. Modal ventura memang memfokuskan diri untuk melayani para pengusaha mikro yang tidak bisa mengajukan pinjaman di bank.

4. Mengajukan KUR 

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah program unggulan pemerintah dalam membantu para pengusaha di Indonesia yang memiliki masalah dalam permodalan, sehingga dengan begitu banyak pengusaha yang tertolong dan bisa mengembangkan usahanya lebih besar lagi.

KUR sendiri dilengkapi dengan kemudahan-kemudahan yang menguntungkan nasabah, misalnya terkait proses pengajuannya, bunganya yang rendah,  mendapat subsidi bunga dari pemerintah, dan banyak lagi..

5. Memanfaatkan Kartu Kredit

 Alternatif lain yang bisa Anda pakai adalah dengan melakukan pinjaman modal usaha menggunakan kartu kredit. Kok bisa, bagaimana caranya?

Kartu kredit sendiri memiliki fasilitas pinjaman cicilan menggunakan plafond limit karu kredit. Prosesnya pun bisa dikatakan instan, uang bisa langsung cair karena memang fasilias pinjaman tersebut telah melekat pada kartu kredit.

Tentunya, memanfaatkan pinjaman dengan kartu kredit memiliki kelebihan, salah satunya terkait cicilan bunganya yang lebih rendah dari pada lembaga pemberi kredit, selain itu jika peminjam dapat melunasi pinjaman dengan cepat maka peminjam tidak akan dikenai penalti, berbeda jika meminjam uang di bank.

Nah, itulah diatas informasi yang bisa kami bagikan terkait tips memperoleh pinjaman modal usaha. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Add Comment