Tips Menghemat Listrik Secara Efektif, Agar Pengeluaran Bulanan Bisa Hemat

Tips Menghemat Listrik  – Listrik adalah sumber kehidupan manusia yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya listrik, manusia tidak akan kegelapan saat malam dan tentunya dengan adanya listrik pekerjaan manusia bsia semakin mudah untuk dikerjakan. Maka dari itu keberadaan listrik untuk kehidupan manusia sangat lah penting.

tips-menghemat-listrik-secara-efektif

Namun dengan fakta diatas, tidak lantas kita bisa menggunakan listrik seenaknya. Sebab hal itu berdampak pada tagihannya yang bisa membengkak. Untuk itu, idealnya anda bisa bijak saat menggunakan listrik dirumah.  Tips menghemat listrik. Sebagai referensi, berikut ini kami akan mengupas beberapa  tips agar tagihan listrikk anda bisa hemat.

Tips Menghemat Listrik

 

  1. Mencabut Saklar Atau Mematikan Peralatan Listrik yang Tidak Digunakan

Jika anda dirumah memiliki banyak saklar atau peralatan rumah tangga atau peralatan yang menunjang bisnis anda, sebaiknya dimatikan jika sedang tidak digunakan. Jika peralatan tersebut tidak anda matikan,maka arus listrik anda akan terbuang percuma dan tentunya ini akan membuat tagihan listrik anda tinggi. Dengan anda mematikan saklar peralatan listrik anda yang tidak digunakan berarti anda sudah mengurangi arus listrik yang terbuang dengan percuma, sehingga pengeluaran bulanan menjadi lebih hemat.

 

  1. Beralih Ke Listrik Pulsa

Dengan beralihnya anda ke pulsa listrik, tentunya akan membantu anda merencanakan pengeluaran listrik anda. Anda bisa dengan mudah memantau pengeluaran biaya untuk listrik yang anda gunakan.

 

  1. Menghemat Penggunaan Lampu

Pastinya lampu merupakan kebutuhan wajib setiap rumah, yang berfungsi untuk menerangi rumah anda disaat malam, bahkan juga siang hari, untuk ruangan atau area tertentu. Dan tentunya, penggunaan lampu ini bisa memicu pemborosan, jika memasang semaunya, tanpa perencanaan. Terlebih jika lampu yang digunakan, merupakan lampu dengan watt besar.

Bagaimana solusinya? Untuk mengakali hal ini sebaiknya membeli lampu sesuai kebutuhan. Gunakan lampu watt besar pada ruang tamu saja, sedangkan untuk ruangan lain bisa menggunakan watt yang rendah. Dan jangan lupa, jika memang tidak diperlukan, sebaiknya matikan segera lampu tersebut.

Selain itu, pilih lampu yang memiliki kwalitas bagus. Jangan karena lampu tersebut memiliki watt yang rendah anda langsung tertarik membeli tanpa menanyakan apa mereknya. Karena jika salah pilih, akhirnya lampu tersebut tidak awet dan bisa menyebabkan konsleting listrik. Tentunya hal ini sangat merugikan. Jadi, lebih baik beli yang sedikit lebih mahal, namun kwalitasnya bagus, sehinggq awet.

 

  1. Gunakan AC dan Kulkas Sehemat Mungkin, Sesuai Kebutuhan

Jika dirumah anda terdapat AC untuk mendinginkan hawa rumah anda. Sebaiknya gunakan sesuai kebutuhan. Jangan selalu di hidupkan karena selain boros dalam hal listrik namun ternyata, juga tidak baik untuk lapisan ozon di atmosfer.

Dan jika anda juga memiliki kulkas dirumah anda, maka kami sarankan untuk jangan sering membuka menutup pintu kulkas. Kenapa? Bila sering dibuka, selain makanan yang ada di kulkas anda tidak terdinginkan dengan baik, aktivitas ini (sama dengan AC yang sering digunakan) hal tersebut juga bisa merusak lapisan ozon pada atmosfer. Selain itu, pastinya bisa membuat listrik menjadi boros.

 

  1. Pilih Alat Elektronika Rumah Tangga yang Rendah Konsumsi Listriknya

Idealnya saat membeli alat-alat elektronika rumah tangga, baik itu mesin cuci, kulkas, TV, atau lainnya, pilihlah produk yang hemat listrik, atau yang wattnya rendah.

Itu tadi diatas beberapa tips yang bisa kami sampaikan supaya tagihan listik anda tidak membengkak, alias hemat. Selain itu, perlu kita ingat bahwa listrik merupakan sumber daya alam yang terbatas maka gunakanlah sebijak mungkin agar anak cucu kita bisa menikmatinya kelak. Selamat berhemat.

 

Add Comment