Usaha Kecil Yang Menguntungkan Untuk Berbagai Kalangan Usia

Usaha Kecil Yang Menguntungkan – Bisnis tidak selalu membutuhkan modal yang besar dan persiapan yang ekstra, karena ada juga bisnis kecil yang bisa dijalankan. Ada beberapa usaha kecil yang menguntungkan dengan modal yang kecil atau sepadan dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Daftar usaha kecil berikut ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja.

Usaha Kecil Yang Menguntungkan

1. Pembayaran Tagihan Online

Mungkin banyak orang yang lupa untuk membayar tagihan seperti PDAM, listrik, internet dan lain sebagainya karena kesibukan sehari-hari. Dari sini bisa melihat peluang untuk membuka usaha pembayaran tagihan online di rumah sendiri. Ini sangat cocok bagi yang memiliki laptop atau komputer serta jaringan internet namun jarang digunakan.

Usaha ini akan ramai ketika mendekati hari terakhir pembayaran karena sebagian besar orang lupa dan malas untuk mengantri. Hasil yang didapatkan terbilang lumayan karena berasal dari administrasi untuk setiap tagihan yang dibayarkan. Agar usaha ini dapat diketahui banyak orang, maka bisa dengan memasang banner di depan rumah.

2. Aksesoris Wanita

Wanita umumnya identik dengan barang-barang lucu yang dipakai sehari-hari, terlebih bagi mereka yang berhijab. Salah satu aksesoris yang seringkali digunakan adalah bros. Peluang untuk membuka usaha kecil yang menguntungkan bisa dimanfaatkan dengan cara membuat aneka bros. Misalnya disini aneka bros bentuk buah-buahan, bunga dan lain sebagainya.

Berbeda lagi bagi mereka yang tidak berhijab juga seringkali menggunakan aksesoris seperti gelang, kalung, penjepit rambut dan sejenisnya. Adapun cara memperoleh barang-barang tersebut adalah dengan mencari reseller terpercaya dengan harga terjangkau atau membuatnya sendiri. Dengan demikian, modal yang dikeluarkan akan sebanding dengan hasil yang diterima nantinya.

3. Agen Pulsa

Usaha bisnis kecil yang dapat dilakukan selanjutnya adalah dengan cara menjadi agen pulsa. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah lihat terlebih dahulu peluang pembelian pulsa di lingkungan sekitar. Jika peminatnya tinggi, maka tidak menutup kemungkinan usaha kecil ini mendapatkan hasil yang lumayan.

Disisi lain, cobalah untuk fokus pada beberapa provider jaringan yang memang digunakan di lingkungan tersebut. Misalkan di daerah tersebut dominan pengguna provider Telkomsel dan Indosat, maka belilah pulsa untuk operator jaringan tersebut. Usaha ini sangat cocok untuk dilakukan oleh pelajar sekalipun untuk menambah uang saku ataupun ditabung.

4. Aneka Souvenir

Bagi yang memiliki keahlian dalam membuat souvenir seperti bantal dengan berbagai macam bentuk ataupun sejenisnya bisa membuka usaha ini. Untuk pertama kali, cobalah untuk membuat beberapa sampel produk yang hendak dipasarkan. Buatlah semenarik mungkin dan berbeda dari yang sudah ada di pasaran.

Dengan karakteristik yang dimiliki tentunya bisa menjadi nilai branding diri sendiri dan membuat orang-orang tertarik. Usaha kecil yang menguntungkan ini membutuhkan kreativitas dan inovasi baru untuk setiap produk yang akan dijual. Oleh karena itulah, sebisa mungkin bisa menetapkan harga jual yang sesuai dengan usaha yang telah dilakukan.

5. Aneka Jajanan Anak-anak

Ada banyak sekali inspirasi dan juga inovasi untuk membuat aneka jajanan yang diminati oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Contohnya disini adalah bisnis jajanan telur gulung dan aneka frozen food siap saji. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar karena hanya membutuhkan peralatan penggorengan dan wadah untuk makanan tersebut.

Usaha kecil ini bisa dilakukan di rumah dengan membuat stand kecil di depan rumah untuk menarik perhatian anak-anak. Bisa juga dilakukan dengan cara berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, namun ini membutuhkan biaya lebih. Disarankan untuk menerapkannya dari rumah terlebih dahulu dan dipasarkan melalui social media ataupun rekan-rekan.

6. Katering Sederhana

Tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang ini sudah ada banyak sekali orang-orang yang membuat usaha dari rumah. Salah satu contohnya disini adalah katering rumahan dengan harga yang ramah di kantong. Katering rumahan tidak melulu soal makanan berat, namun bisa juga pembuatan snack dus untuk acara tertentu.

Sebagai awalan memulai usaha kecil, mulailah dengan membuat sampel makanan dan lakukan pemasaran di lingkungan sekitar. Pemasaran juga bisa dilakukan melalui social media yang dapat menjangkau lebih banyak pemirsa. Meskipun katering rumahan, namun jangan terlalu rendah dalam menentukan harga jualnya.

Masih ada banyak lagi usaha kecil yang menguntungkan yang dapat dilakukan oleh berbagai kalangan usia tanpa memandang gender. Pada dasarnya setiap usaha kecil bisa berkembang lebih besar jika diiringi dengan niat dan usaha.

Add Comment