Viral Adalah ? Pengertian Kata Viral Yang Wajib Diketahui.

Ad

Viral Adalah – Fenomena viral merupakan objek atau pola yang dapat menggandakan diri atau mengubah objek lain menjadi salinan dirinya sendiri saat objek tersebut terpapar dengan objek tersebut.

Fenomena ini mendapatkan nama dari bagaimana virus dapat menyebarkan dirinya sendiri. Cara ini menjadi cara yang umum bagaimana pikiran, informasi, dan tren bergerak menuju dan melalui suatu populasi manusia.

Viral Adalah ?

“Media viral” merupakan istilah umum yang mendapatkan kepopuleran saat kebangkitan cepat jejaring sosial bersamaan dengan kemunduran periklanan dan pemirsa media siar.

Viral Adalah ?

Berbeda dengan “media penyebaran”, “media viral” menggunakan metafora “penularan” dan “pencemaran”, dalam artian pemirsa berperan sebagai pembawa pasif ketimbang sebagai pemeran aktif untuk “menyebarkan” isi. Meme dapat dianggap sebagai contoh terbaik pola informasi viral.

Douglas Rushkoff menciptakan istilah “virus media” atau “media viral” dan menjelaskan ini sebagai salah satu jenis Kuda Troya: “Orang-orang ditipu agar meneruskan agenda tersembunyi ketika meneruskan konten menarik.”

Dalam tesis Jean Baudrillard tahun 1981, Simulacra and Simulation, sang filsuf menjabarkan An American Family, dianggap sebagai serial televisi “realita” pertama, sebagai penanda masa baru mediatelevisi memiliki “kehadiran yang viral, endemis, kronis, mengkhawatirkan”.

Richard Dawkins menciptakan istilah “meme” pada tahun 1976 dalam bukunya The Selfish Gene. Sepertinya yang ditulis oleh Richard Dawkins, meme merupakan satuan makna budaya, seperti gagasan atau nilai, yang diteruskan dari satu generasi ke generasi yang lain.

Suatu meme merupakan pasangan budaya untuk unit keturunan fisik, gen.Dia menyatakan bahwa kepercayaan merupakan suatu meme karena diteruskan dari generasi ke generasi yang lain.

Suatu Meme Internet merupakan suatu fenomena budaya yang menyebar dari satu orang ke orang yang lain melalui penggunaan Internet. Melalui penyebaran Meme Internet, dapat diketahui pergerakan penyebaran budaya, khususnya sesuatu yang tampak sepele dan tidak berbahaya menyebar dan terhenti dengan sangat cepat.

Lauren Ancel Meyers, seorang profesor biologi dari Universitas Texas, mengatakan bahwa “penyebaran meme melalui jejaring sosial daring mirip dengan bagaimana penyakit menyebar melalui populasi luring”.

Add Comment